Taruna Akpol Nasional Raih Juara Lomba Esai Internasional

- Redaksi

Sabtu, 16 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta — Kadet Akademi Kepolisian Brigadir Helena Fiorentina menjadi pemenang kompetisi esai The 10th session of the UNCAC Conference of the States Parties (CoSP10) di Amerika Serikat pada 11-15 Desember 2023.

Kadet Brigadir Helena Fiorentina menjadi satu-satunya taruna Indonesia dalam kegiatan ini yang menekankan peran generasi muda dalam pemberantasan korupsi. Ia juga menjelaskan bagaimana orang dewasa bahkan penegak hukum dapat mendukung generasi muda dengan memberikan ruang atau kesempatan yang aman bagi generasi muda untuk menyuarakan aspirasinya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Annika Whytes selaku Regional Anti-Corruption Advisor UNODC untuk Asia Tenggara dan Pasifik berharap generasi muda di seluruh dunia terinspirasi oleh taruna Akademi Kepolisian seperti Helena. Dalam kompetisi tersebut, generasi muda sudah menaruh perhatian terhadap fenomena korupsi yang terjadi bahkan berani menyatakan dengan tegas bahwa mereka akan bersama-sama melawan korupsi.

“Kita tidak bisa mengabaikan peran taruna ke depan yang akan menjadi pemimpin nasional yang tentunya akan menjadi figur bagi masyarakat lain di lingkungannya,” ujarnya, Kamis 14 Desember 2023.

Baca Juga :  Panduan yang Sedikit Lebih Optimis Terhadap Pemilu di Seluruh Dunia Pada Tahun 2024

Helena berhasil meraih juara pertama pada lomba esai. Selain dia, tiga juara lainnya adalah kadet akademi kepolisian Vietnam, Le Thi Cam Van, kadet akademi kepolisian Thailand, Jiramet Sungkeetanon, dan kadet akademi kepolisian Filipina, Marc Joseph L. Vitto.

Konvensi PBB Melawan Korupsi di Atlanta, Amerika Serikat merupakan kompetisi esai yang melibatkan taruna dari negara-negara Asia Tenggara. Kompetisi esai ini membahas permasalahan korupsi di Indonesia dan cara mitigasinya. Pesertanya terdiri dari perwakilan Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kompetisi ini Kadet Brigadir Helena mengambil tema krusial permasalahan korupsi yang terjadi di Indonesia, dampaknya terhadap masyarakat Indonesia, dan apa yang bisa kita lakukan sebagai Taruna Akpol untuk mencegah korupsi di Indonesia.

Baca Juga :  Bagian Kedua Ember Popcorn Cacing

“Motivasi saya mengikuti kompetisi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya,” jelasnya.

Menurut Kadet Brigadir Helena, dirinya juga akan menjadi salah satu pembicara dalam Youth Changemaker Event yang akan digelar di Atlanta. Prestasi ini diharapkan juga dapat menunjang Akpol menuju menjadi Akademi Kepolisian Kelas Dunia.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menambahkan, prestasi yang diraih Kadet Brigadir Helena mengharumkan nama Korps Bhayangkara dan Indonesia. Hal ini diharapkan dapat ditiru oleh Taruna Akpol dan anggota Polri lainnya.

Sesuai arahan Kapolri, seluruh jajaran harus lebih meningkatkan kualitas dan berinovasi untuk mengembangkan bakat dan potensi, bahkan mengharumkan nama institusi dan bangsa Indonesia, kata Kadiv Humas.

Menurut Kadiv Humas Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit juga berpesan kepada institusi untuk memberikan penghargaan yang pantas kepada anggota Polri dan Taruna Akpol yang berprestasi. Dengan cara ini, setiap orang akan termotivasi untuk bersaing meraih prestasi.

Baca Juga :  Anggota Harus Bisa Bahasa Asing Dalam Melayani Orang Asing di Kepulauan Riau - NewsRoom.id

Seperti diketahui, Jenderal Sigit selalu memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Taruna Akpol dan seluruh personel Polri yang telah meraih prestasi.

Tentu saja Polri dan saya selaku Kapolri mewakili lembaga memberikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para taruna dan anggota yang telah meraih prestasi luar biasa, kata Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit menegaskan, prestasi tersebut dapat menjadi contoh bagi seluruh personel Polri untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, baik di lingkungan dinas maupun di bidang lain di luar dinas.

“Tentunya kami terus mendorong rekan-rekan, terutama yang berkecimpung di bidang akademik dan olah raga atau bidang lainnya, untuk terus berlatih. Dan lembaga kami akan memberikan ruang untuk itu. Agar mereka benar-benar fokus dan termotivasi,” kata Jenderal Sigit.

Jaringan NewsRoom.id

NewsRoom.id

Berita Terkait

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit
Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam
Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141
Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man
Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Menteri PANRB Jelaskan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah
Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:25 WIB

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit

Selasa, 27 Februari 2024 - 01:03 WIB

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Minggu, 25 Februari 2024 - 00:37 WIB

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:58 WIB

Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:06 WIB

Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru

Selasa, 20 Februari 2024 - 01:05 WIB

Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:34 WIB

Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Senin, 19 Februari 2024 - 23:31 WIB

Dampak terhadap Perdagangan Global, Ritel, dan Manufaktur

Berita Terbaru

Headline

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Selasa, 27 Feb 2024 - 01:03 WIB

Headline

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Minggu, 25 Feb 2024 - 00:37 WIB