Ilmuwan Menemukan Potensi Pengobatan Baru Untuk Hipertensi Paru

- Redaksi

Kamis, 21 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Para peneliti di Indiana University dan Notre Dame telah menemukan pengobatan baru yang potensial untuk hipertensi pulmonal, dengan fokus pada membalikkan remodeling pembuluh darah melalui jalur epigenetik yang melibatkan protein SPHK2, seperti yang dilaporkan dalam Circulation Research. Pendekatan inovatif ini dapat mengubah pengobatan penyakit paru-paru yang serius ini.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana, di kampus regional South Bend, dan rekan-rekan mereka di Universitas Notre Dame, telah menemukan target terapi baru untuk mengobati hipertensi pulmonal. Bentuk tekanan darah tinggi ini secara khusus berdampak pada pembuluh darah di paru-paru. Penelitian dan temuan tim baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Penelitian Sirkulasi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hipertensi pulmonal adalah kondisi kompleks dan seringkali berakibat fatal yang membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke paru-paru. Meskipun penyebab pasti dari hipertensi pulmonal belum diketahui, salah satu ciri khasnya adalah penebalan pembuluh darah paru yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan, yang disebut juga dengan remodeling vaskular.

Baca Juga :  Peningkatan Teknologi Terkini di ISS: Lengan Robot Modular Berkinerja Tinggi

Penemuan Terapi Baru

Margaret A. Schwarz, MD, seorang profesor pediatri di IU School of Medicine dan penulis senior studi tersebut, mengatakan hanya ada sedikit pengobatan untuk hipertensi pulmonal, dan pengobatan tersebut biasanya mengobati gejala remodeling vaskular daripada remodeling itu sendiri.

Schwarz mengatakan yang menarik dari temuan timnya adalah penemuan jalur epigenetik yang dimediasi melalui protein SPHK2 yang dapat mengurangi dan berpotensi membalikkan remodeling pembuluh darah pada hipertensi pulmonal.

Dushani Ranasinghe dan Margaret Schwarz

Dushani Ranasinghe, PhD, kiri, dan Margaret Schwarz, MD, pada upacara wisuda Ranasinghe dari Universitas Notre Dame. Kredit: Atas perkenan Margaret Schwarz

“Ini adalah salah satu mekanisme hipertensi pulmonal yang pertama kali teridentifikasi dan dapat dibalik,” katanya. “Biasanya pasien hipertensi pulmonal diberikan obat untuk menurunkan tekanan pembuluh darah di paru-paru atau membantu jantung bekerja lebih baik dalam memompa darah, keduanya merupakan gejala remodeling pembuluh darah. Penelitian kami berupaya menargetkan pembalikan epigenetik dari mekanisme ini. Pada akhirnya, pengobatannya adalah menghentikan proses remodeling pembuluh darah sepenuhnya.”

Baca Juga :  Ketua Hakim Roberts Waspada terhadap Kecerdasan Buatan di Pengadilan: NPR

Konsepnya mirip dengan pengobatan kanker, kata Schwarz.

“Pada kanker, kita menghentikan pertumbuhan tumor, bukan hanya mengobati gejalanya,” ujarnya. “Remodeling vaskular adalah mekanisme yang berbeda, namun idenya adalah bahwa pengobatan akan menargetkan mekanismenya, bukan gejalanya.”

Temuan Utama dan Arah Masa Depan

Temuan penting lainnya dari penelitian ini meliputi:

  • SPHK2 dapat mempromosikan patogenesis hipertensi pulmonal melalui hiperasetilasi histone H3K9, berkontribusi terhadap remodeling vaskular sel otot polos arteri pulmonal (PASMCs).
  • Defisiensi SPHK2 menyebabkan penurunan resistensi pembuluh darah paru, hipertensi ventrikel kanan, dan ketebalan dinding pembuluh darah distal.
  • EMAP (polipeptida pengaktif monosit endotel) II memiliki peran penting dalam stimulasi sumbu modulasi epigenetik nuklir SPHK2/S1P, yang menunjukkan bahwa kerja sama antara SPHK2 dan
  • EMAPII mungkin menjadi kekuatan pendorong utama untuk pemrograman ulang dan remodeling PASMC vaskular yang dimediasi epigenetik pada hipertensi pulmonal.
  • Sel endotel vaskular paru merupakan faktor utama dalam sumbu EMAPII/SPHK2/S1P yang mengubah asetiloma dengan spesifisitas untuk PASMC, melalui hiperasetilasi histon H3K9.
Baca Juga :  "Petir Mungkin Hampir Menemukan Pengganti Steven Yeun".

Schwarz dan penulis pertama studi tersebut, Dushani Ranasinghe, Ph.D., yang merupakan anggota lab Schwarz ketika dia menjadi mahasiswa pascasarjana di Notre Dame, juga diwawancarai tentang temuan mereka untuk sebuah episode podcast “Discover CircRes”, yang diproduksi oleh Penelitian Sirkulasi.

Schwarz mengatakan langkah selanjutnya untuk penelitiannya mencakup eksplorasi lebih lanjut terhadap protein SPHK2 sebagai target terapi untuk hipertensi pulmonal, bekerja sama dengan Brian Blagg, direktur Pusat Penemuan dan Pengembangan Obat Warren di Notre Dame.

Referensi: “Perubahan Asetiloma Histon Sel Otot Polos oleh Sumbu SPHK2/S1P Mempromosikan Hipertensi Paru” oleh A. Dushani CU Ranasinghe, Maggie Holohan, Kalyn M. Borger, Deborah L. Donahue, Rafael D. Kuc, Martin Gerig, Andrew Kim, Victoria A. Ploplis, Francis J. Castellino dan Margaret A. Schwarz Penelitian Sirkulasi.
DOI: 10.1161/CIRCRESAHA.123.322740

Penulis IU lain dalam penelitian ini termasuk Maggie Holohan dan Martin Gerig.

Penelitian ini terlaksana salah satunya berkat pendanaan dari Institut Kesehatan NasionalLilly Endowment, O'Brien Family Endowment for Excellence, National Science Foundation, dan Beasiswa Keluarga Buckner.



NewsRoom.id

Berita Terkait

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit
Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam
Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141
Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man
Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Menteri PANRB Jelaskan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah
Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:25 WIB

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit

Selasa, 27 Februari 2024 - 01:03 WIB

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Minggu, 25 Februari 2024 - 00:37 WIB

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:58 WIB

Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:06 WIB

Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru

Selasa, 20 Februari 2024 - 01:05 WIB

Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:34 WIB

Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Senin, 19 Februari 2024 - 23:31 WIB

Dampak terhadap Perdagangan Global, Ritel, dan Manufaktur

Berita Terbaru

Headline

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Selasa, 27 Feb 2024 - 01:03 WIB

Headline

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Minggu, 25 Feb 2024 - 00:37 WIB