Kru ISS Menyelesaikan Pengepakan SpaceX Dragon untuk Kembali ke Bumi

- Redaksi

Kamis, 21 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebuah kapal pemasok SpaceX Dragon yang membawa lebih dari 5.800 pon eksperimen sains baru dan perlengkapan kru, digambarkan dari jendela kapal kru SpaceX Dragon Freedom, mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional di atas Samudra Atlantik bagian selatan pada Juli 2022. Kredit: NASA

Awak Ekspedisi 70 selesai mengemas kapal kargo AS pada hari Rabu sebelum berangkat Stasiun ruang angkasa Internasional. Ketujuh penghuni orbit tersebut juga berkolaborasi dalam berbagai studi penelitian manusia untuk mempelajari cara menjaga kesehatan manusia di luar angkasa.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Empat astronot bekerja bersama pada hari Rabu untuk mengoordinasikan transfer kargo terakhir di dalam Luar AngkasaX Pesawat luar angkasa kargo naga. Dragon, yang telah berlabuh di stasiun tersebut sejak 11 November, dijadwalkan lepas landas pada pukul 21:05 TIMUR pada hari Rabu dari port depan pos orbital pada modul Harmony. Karena cuaca, sekarang dijadwalkan berangkat pada pukul 17:05 EST pada hari Kamis, 21 Desember.

Baca Juga :  Industri AI Memiliki Senjata yang Tidak Terlalu Rahasia: Pelobi

Agensi akan memberikan liputan langsung perilisan dan keberangkatan Dragon mulai pukul 20:45 NASA+ layanan streaming melalui web atau aplikasi NASA. Liputan juga akan disiarkan langsung di NASA Television, YouTube dan di situs badan tersebut. Pelajari cara streaming NASA TV melalui berbagai platform termasuk media sosial.

Kapal Pasokan Spacex Dragon Mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional

Sebuah kapal pasokan SpaceX Dragon mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional pada bulan April 2023 membawa lebih dari 6.200 pon eksperimen sains, pasokan kru, dan kargo lainnya, untuk mengisi kembali kru Ekspedisi 68. Kedua pesawat ruang angkasa tersebut sedang terbang 269 mil di atas Samudera Hindia dekat Madagaskar pada saat foto ini diambil. Kredit: NASA

Astronot Jasmin Moghbeli dan Andreas Mogensen memulai pekerjaan pengembalian sains di pagi hari dengan memindahkan sampel penelitian beku dari freezer stasiun sains dan ke dalam tas transportasi sains Dragon yang terisolasi. Astronot Loral O'Hara dan Satoshi Furukawa melanjutkan untuk mentransfer sampel di dalam modul laboratorium Destiny, Kibo, dan Columbus dan mengemasnya ke dalam Dragon. Insinyur penerbangan NASA O'Hara dan Moghbeli menyelesaikan penelitian dengan menyimpan sampel darah astronot segar di atas kapal Naga untuk dikumpulkan dan dianalisis di Bumi. Moghbeli akan menjadi anggota kru terakhir di atas kapal Naga sebelum keluar dan menutup palka beberapa jam sebelum keberangkatannya.

Kru Ekspedisi 70 Iss Berpose Untuk Potret

Awak Ekspedisi 70 yang beranggotakan tujuh orang berpose di dalam modul laboratorium Kibo di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Di barisan depan (dari kiri) adalah Komandan Andreas Mogensen dari ESA (Badan Antariksa Eropa) dan Insinyur Penerbangan NASA Jasmin Moghbeli dan Loral O'Hara. Di belakang adalah Insinyur Penerbangan Roscosmos Nikolai Chub, Konstantin Borisov, dan Oleg Kononenko; dan JAXA (Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang) Insinyur Penerbangan Satoshi Furukawa. Kredit: NASA

Keempat anggota kru memulai giliran kerja mereka dengan mengumpulkan sampel darah dan air liur untuk serangkaian 14 eksperimen CIPHER yang meneliti bagaimana hidup dalam keadaan tanpa bobot mempengaruhi tubuh manusia. O'Hara juga mengikuti tes kognisi untuk memahami bagaimana fungsi otak di luar angkasa. Moghbeli mengunduh data medis yang disimpan di rompi dan ikat kepala pemantau kesehatan. Pada akhirnya, Furukawa dan Mogensen, dari JAXA (Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang) dan ESA (Badan Antariksa Eropa) masing-masing menggunakan alat USG 2 dan saling memindai pembuluh darah leher, bahu, dan kaki.

Baca Juga :  Studi Baru Mengungkap Rahasia Dibalik Situs Seni Cadas Terkenal di Arnhem Land

Ketiga kosmonot yang tinggal dan bekerja di stasiun tersebut tetap fokus pada kontingennya Roskosmoseksperimen sains berbasis dan pemeliharaan laboratorium. Insinyur Penerbangan Konstantin Borisov dan Nikolai Chub mengambil bagian dalam evaluasi kebugaran yang berbeda. Borisov pertama kali mengayuh sepedanya pada siklus latihan sebelum Chub berlari di atas treadmill sementara keduanya dilengkapi dengan sensor yang mengukur keluaran aerobik mereka. Insinyur Penerbangan Oleg Kononenko melakukan sesi pencetakan 3D lainnya untuk mendemonstrasikan peralatan dan perlengkapan manufaktur dalam gayaberat mikro.

Baca Juga :  Rafah Crossing menjadi sasaran serangan Israel

Jaringan NewsRoom.id



NewsRoom.id

Berita Terkait

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit
Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam
Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141
Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man
Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Menteri PANRB Jelaskan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah
Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:25 WIB

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit

Selasa, 27 Februari 2024 - 01:03 WIB

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Minggu, 25 Februari 2024 - 00:37 WIB

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:58 WIB

Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:06 WIB

Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru

Selasa, 20 Februari 2024 - 01:05 WIB

Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:34 WIB

Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Senin, 19 Februari 2024 - 23:31 WIB

Dampak terhadap Perdagangan Global, Ritel, dan Manufaktur

Berita Terbaru

Headline

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Selasa, 27 Feb 2024 - 01:03 WIB

Headline

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Minggu, 25 Feb 2024 - 00:37 WIB