Kelaparan Merajalela di Gaza Saat Pertempuran Israel dan Hamas Meningkat

- Redaksi

Jumat, 22 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pertempuran meningkat antara Hamas dan Israel pada hari Kamis ketika sebuah badan yang didukung PBB memperingatkan bahwa seluruh penduduk Gaza – lebih dari 2 juta orang – berada pada tingkat krisis atau lebih buruk lagi dan kelaparan akan segera terjadi.

Pemboman besar-besaran Israel dilaporkan terjadi di Gaza utara, dan pesawat tempur menyerang sasaran di bagian tengah dan selatan daerah kantong tersebut. Empat orang dilaporkan tewas di Gaza selatan di perbatasan Rafah dengan Mesir, menurut Hamas. Militer Israel tampaknya menyangkal keterlibatannya dan mengatakan mereka tidak mengetahui insiden tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Teman-teman tentara Israel Sersan Lavi Ghasi berduka saat pemakamannya di Modiin, Israel, 21 Desember 2023. Ghasi, 19, tewas dalam operasi darat militer Israel di Jalur Gaza.

Sepuluh minggu setelah perang, Hamas, sebuah organisasi teror yang ditunjuk AS, menunjukkan bahwa mereka masih memiliki kemampuan untuk meluncurkan roket ke negara Yahudi tersebut, seiring dengan bunyi sirene di Israel tengah. Pasukan Pertahanan Israel memasang peta yang menunjukkan alarm roket yang membentang dari Ashkelon, utara Jalur Gaza, hingga wilayah Tel Aviv.

Baca Juga :  Kami belum memberikan tanggapan terhadap usulan gencatan senjata di Gaza

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan ketika sistem pertahanan Iron Dome negara itu mencegat roket tersebut.

Militer Israel juga mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah melakukan serangan terhadap 230 sasaran di Gaza selama sehari terakhir.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan kembali bahwa militernya akan terus berperang sampai Hamas dilenyapkan dan sandera yang tersisa dibebaskan.

Perang tersebut, yang dipicu oleh serangan teror Hamas di Israel pada tanggal 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyebabkan sekitar 240 orang lainnya menjadi sandera, telah menyebabkan situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, di mana kementerian kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan 20.000 warga Palestina telah terbunuh. . . Hampir 2 juta orang lainnya terpaksa mengungsi.

Kelaparan meningkat dengan cepat

Inisiatif Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC) yang didukung PBB mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis bahwa permusuhan, “termasuk pemboman, operasi darat dan pengepungan seluruh penduduk,” telah menyebabkan “tingkat bencana” kerawanan pangan akut.

Warga Palestina mengantri untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, 20 Desember 2023.
Warga Palestina mengantri untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, 20 Desember 2023.

IPC mengatakan lebih dari 1 dari 4 rumah tangga menghadapi kelaparan ekstrem dan terdapat risiko kelaparan kecuali akses terhadap makanan yang cukup, air bersih, layanan kesehatan dan sanitasi dipulihkan.

Baca Juga :  Warga Palestina terbunuh oleh tembakan IOF di kota Yamun di Bank W. Bank

“WFP telah memperingatkan akan terjadinya bencana ini selama berminggu-minggu,” kata Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia Cindy McCain mengenai temuan IPC. Tragisnya, tanpa akses yang aman dan konsisten yang kami minta, situasinya sangat buruk, dan tidak ada seorang pun di Gaza yang aman dari kelaparan.

Israel mengatakan mereka bekerja sama dalam mengizinkan bantuan masuk ke Gaza. Mereka membuka perbatasan Kerem Shalom pada hari Minggu untuk konvoi bantuan untuk transit, dan IDF mengizinkan jeda taktis di beberapa daerah di Gaza selatan agar warga sipil dapat memperoleh makanan dan air. Kerem Shalom terletak di dekat tiga perbatasan Israel, Jalur Gaza dan Mesir.

Upaya diplomatik

Dewan Keamanan PBB telah merundingkan sebuah resolusi yang, jika diadopsi, akan membantu meningkatkan akses bantuan ke Gaza. Namun pemungutan suara tersebut telah berulang kali ditunda pada minggu ini karena adanya keberatan dari Amerika Serikat mengenai beberapa bahasa dalam RUU tersebut.

“Masih dalam proses. Masih berharap bisa mendukungnya. Belum sampai.” Robert Wood, wakil duta besar AS untuk PBB, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis menjelang rencana pemungutan suara yang akhirnya tertunda.

Warga Palestina Berduka Atas Kerabatnya yang Tewas dalam Bom Israel di Jalur Gaza di Luar Kamar Mayat di Khan Younis, 20 Desember 2023.
Warga Palestina berduka atas kematian kerabat mereka dalam pemboman Israel di Jalur Gaza di luar kamar mayat di Khan Younis, 20 Desember 2023.

Para diplomat mengatakan Washington dan Israel tidak ingin PBB bertanggung jawab atas mekanisme pemantauan yang akan memeriksa bantuan yang masuk ke Gaza untuk memastikan bantuan tersebut bersifat kemanusiaan.

Baca Juga :  Rangkuman Teknologi Akhir Pekan 27 Januari 2024

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan pada hari Rabu bahwa AS ingin memastikan bahwa resolusi tersebut memajukan bantuan dan tidak menghalanginya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa meskipun pasokan kemanusiaan dalam jumlah yang cukup diizinkan masuk ke Gaza, gangguan keamanan, bahan bakar, dan komunikasi masih akan mempersulit pengiriman bantuan tersebut. Mereka menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera.

Beberapa diplomat masih berharap pemungutan suara dapat dilakukan pada hari Kamis.

Unit Artileri Bergerak Israel Menembakkan Peluru dari Israel Selatan Menuju Jalur Gaza, di Posisi Dekat Perbatasan Israel-Gaza, 21 Desember 2023.
Unit artileri bergerak Israel menembakkan peluru dari Israel selatan menuju Jalur Gaza, di posisi dekat perbatasan Israel-Gaza, 21 Desember 2023.

Area evakuasi baru

Pada hari Rabu, militer Israel menetapkan wilayah baru yang mencakup sekitar 20% kota Khan Younis di tengah dan selatan untuk segera dievakuasi dan mempublikasikannya di media sosial.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB mengatakan lebih dari 250.000 orang – penduduk dan pengungsi Gaza – tinggal di zona tersebut.

OCHA mengatakan warga mungkin kesulitan mengakses informasi ini karena pemadaman listrik dan gangguan telekomunikasi.

Telekomunikasi terputus di sebagian besar Gaza selama delapan hari berturut-turut.

Koresponden VOA untuk PBB Margaret Besheer berkontribusi dalam laporan ini. Beberapa informasi berasal dari The Associated Press, Agence France-Presse dan Reuters.

NewsRoom.id

Berita Terkait

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit
Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam
Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141
Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man
Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Menteri PANRB Jelaskan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah
Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:25 WIB

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit

Selasa, 27 Februari 2024 - 01:03 WIB

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Minggu, 25 Februari 2024 - 00:37 WIB

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:58 WIB

Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:06 WIB

Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru

Selasa, 20 Februari 2024 - 01:05 WIB

Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:34 WIB

Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Senin, 19 Februari 2024 - 23:31 WIB

Dampak terhadap Perdagangan Global, Ritel, dan Manufaktur

Berita Terbaru

Headline

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Selasa, 27 Feb 2024 - 01:03 WIB

Headline

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Minggu, 25 Feb 2024 - 00:37 WIB