Investor AS Melihat Nilai Perusahaan Teknologi Israel Meski Ada Perang

- Redaksi

Minggu, 24 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hampir 7.000 mil jauhnya di Portland, Oregon, pemodal ventura George Djuric mengatakan dia terpaksa mengunjungi Israel selama perang negara itu dengan kelompok militan Palestina Hamas dan menjanjikan dukungan untuk sektor teknologi tinggi di negara tersebut.

Djuric, chief technology officer di yVentures yang tiba di Amerika Serikat sebagai pengungsi berusia 3 tahun dari Bosnia selama perang Bosnia pada pertengahan tahun 1990-an, minggu ini bergabung dengan sekitar 70 eksekutif teknologi dan investor Amerika lainnya dalam perjalanan ke Israel .

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Datang ke sini adalah kesempatan untuk berdiri dalam solidaritas dengan Israel dan juga mendukung ekosistem teknologi, yang merupakan ekosistem teknologi terbesar kedua di dunia setelah Silicon Valley,” ujarnya. “Sebagai dana teknologi, masuk akal bagi kami untuk berada di sini.”

Meski bukan seorang Yahudi, Djuric mengatakan ia tertarik pada Israel karena ketahanan negara tersebut dan sebagai seseorang yang pandangan keluarganya dibentuk oleh perang.

“Saya merasa ngeri dengan apa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober dan saya juga merasa ngeri keesokan harinya ketika saya melihat orang-orang berdemonstrasi mendukung apa yang terjadi,” katanya, merujuk pada serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober.

Baca Juga :  Politik | Edisi 21 Oktober 2023

Para investor dan analis memperkirakan konflik dengan Palestina akan menggagalkan pemulihan yang rapuh di sektor teknologi tinggi, yang menyumbang lebih dari separuh ekspor Israel dan hampir seperlima dari keseluruhan output ekonomi Israel.

Pendanaan telah menurun tajam di tengah perlambatan global dan perombakan sistem peradilan pemerintah yang memecah-belah karena perang ini berdampak buruk pada perekonomian. Pertumbuhan, yang diperkirakan sebesar 3,4% tahun ini, telah turun ke perkiraan sebesar 2% dan prospeknya setidaknya sama suramnya.

Setidaknya 15% tenaga kerja teknologi telah dipanggil untuk tugas cadangan militer.

Namun, meski perang sedang berkecamuk, kesepakatan pendanaan teknologi masih dilakukan, meski dengan kecepatan yang lebih lambat. Startup telah mengumpulkan lebih dari $6 miliar pada tahun 2023 dibandingkan dengan $16 miliar pada tahun 2022.

Pada hari Selasa, ScaleOps, sebuah startup yang berspesialisasi dalam manajemen sumber daya cloud, mengumumkan putaran pendanaan $21,5 juta. Pekan lalu, startup cyber Zero Networks, yang mencegah penyerang menyebar ke seluruh jaringan perusahaan, mengumpulkan $20 juta.

Baca Juga :  Ilmuwan Menemukan Ciri-ciri “Seksi” yang Mengejutkan dari Dua Spesies Kalajengking Misterius

'bullish jangka panjang terhadap Israel'

Ron Miasnik, dari Bain Capital Ventures yang ikut mengorganisir delegasi tersebut, mengatakan dia mengharapkan startup Israel untuk terus menarik pendanaan dalam jumlah besar. Dia yakin perekonomian negara pada akhirnya akan bangkit kembali.

“Tidak masalah bagi kami apakah pemulihan ekonomi membutuhkan waktu tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, atau 12 bulan,” ujarnya. “Kami optimis terhadap Israel dalam jangka panjang.”

Miasnik mengatakan, ide perjalanan tersebut muncul dari pengamatan kelompok solidaritas lain, seperti kelompok agama. “Kami merasa komunitas teknologi dan modal ventura (AS), yang sangat terintegrasi di Israel, telah hilang,” katanya.

Awalnya seharusnya hanya 15 orang, namun kata dia, yang berminat mencapai ratusan orang. Mereka termasuk CEO dan eksekutif senior dana teknologi dan modal ventura yang berbasis di AS dari Meetup.com, Apollo, TPG, Susquehanna Growth Equity, Mastercard, John Deere, dan dana investasi abadi Universitas Harvard.

Selain bertemu dengan investor lokal dan perusahaan startup, mereka juga bertemu dengan para pemimpin Israel dan keluarga sandera yang masih ditahan di Gaza serta mengunjungi kota-kota perbatasan yang terkena serangan 7 Oktober.

Baca Juga :  Kabag Logistik Polda Babel Pimpin Panggilan Pagi Personil

Bain memiliki sejumlah investasi di Israel, termasuk Redis Labs, di mana dana tersebut telah menginvestasikan lebih dari $100 juta, dan perusahaan keamanan siber Armis, dan Miasnik mengatakan dia berupaya untuk menambahkan lebih banyak startup keamanan siber Israel ke dalam portofolionya.

Danny Schultz, direktur pelaksana Gotham Ventures yang berbasis di New York, mengatakan dia ingin berinvestasi di 10 hingga 20 perusahaan rintisan Israel yang sedang dalam tahap pertumbuhan, terutama di bidang fintech, dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

“Pada saat para CEO Israel membutuhkan lebih banyak modal, mereka juga memerlukan hubungan lintas batas di AS dan Eropa untuk benar-benar membantu membangun perusahaan mereka,” katanya.

Joy Marcus ikut mendirikan dana VC baru bernama The 98 dan hanya berinvestasi pada “bisnis teknologi yang dipimpin perempuan yang mengganggu industri.”

“Saya tersiksa oleh perang. … Jadi saya di sini untuk mendukung Israel terlebih dahulu dan terutama,” katanya. “Dan saya juga sangat tertarik untuk berinvestasi pada beberapa wanita Israel.”

NewsRoom.id

Berita Terkait

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit
Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam
Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141
Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man
Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Menteri PANRB Jelaskan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah
Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:25 WIB

Mengungkap Misteri Curah Hujan Dengan FY-3G, Mata Baru Bumi di Langit

Selasa, 27 Februari 2024 - 01:03 WIB

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Minggu, 25 Februari 2024 - 00:37 WIB

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:58 WIB

Robert Kirkman Tampaknya Membunuh Impian Tim Invincible/Spider-Man

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:06 WIB

Petunjuk Penting untuk Sindrom Kelelahan Kronis Ditemukan dalam Studi Besar Baru

Selasa, 20 Februari 2024 - 01:05 WIB

Kemitraan Dinamis Ini Mengubah Ritel Perhotelan Mewah

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:34 WIB

Dampak Cerah dari Bencana Eksoplanet

Senin, 19 Februari 2024 - 23:31 WIB

Dampak terhadap Perdagangan Global, Ritel, dan Manufaktur

Berita Terbaru

Headline

Seth Meyers akan mewawancarai Presiden Biden Senin malam

Selasa, 27 Feb 2024 - 01:03 WIB

Headline

Genosida Israel yang didukung AS di Gaza memasuki hari ke-141

Minggu, 25 Feb 2024 - 00:37 WIB