Ilmuwan Mengidentifikasi Penyebab Utama Infertilitas Wanita

- Redaksi

Senin, 12 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penelitian baru mengeksplorasi hubungan antara mutasi genetik dan infertilitas, khususnya berfokus pada kelainan mitokondria pada sel telur. Hal ini membuka potensi strategi pengobatan baru untuk infertilitas dengan menargetkan kelainan mitokondria.

Sekitar 48 juta pasangan di seluruh dunia menghadapi tantangan infertilitas yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pada mamalia, seperti manusia, ovarium bertanggung jawab untuk produksi telur. Disfungsi pada proses ini dapat mengakibatkan infertilitas pada wanita. Salah satu kondisi tersebut adalah insufisiensi ovarium prematur yang ditandai dengan terganggunya produksi sel telur sebelum mencapai usia 40 tahun.

Hingga 3,7% wanita mengalami infertilitas karena kondisi ini, dan sekitar 30% kasus disebabkan oleh variasi genetik. Profesor Kehkooi Kee, dari Universitas Tsinghua, Tiongkok, yang membantu memimpin penelitian, telah menyelidiki kondisi ini selama beberapa tahun.

“Pada tahun 2019, kolaborator kami, tim Profesor Li, menemukan sebuah keluarga dengan insufisiensi ovarium prematur yang menyebabkan perubahan pada gen yang disebut Eif4enif1 Tampaknya bertanggung jawab atas penyakit ini,” kata Profesor Kee. Para peneliti memutuskan untuk mereproduksi perubahan genetik pada tikus untuk mencoba memahami pengaruhnya terhadap infertilitas manusia. Mereka menunjukkan bahwa telur tikus ini dipengaruhi oleh perubahan pada mitokondria – pembangkit listrik sel. – dan mempublikasikan temuan baru mereka di jurnal. Perkembangan.

Para peneliti menggunakan CRISPR untuk memperkenalkan perubahan genetik pada tikus. Mereka membiarkan tikus tersebut tumbuh besar dan kemudian membandingkan kesuburannya dengan kesuburan tikus yang memilikinya DNA yg belum diperiksa. Yuxi Ding, penulis pertama dan mahasiswa MD/PhD yang memimpin penelitian ini, menemukan bahwa jumlah rata-rata total folikel (kantung kecil berisi sel telur yang sedang berkembang) berkurang sekitar 40% pada tikus yang lebih tua dan tikus yang diedit secara genetik (rata-rata anak anjing). jumlah sel telur pada setiap kelahiran berkurang 33%. Yang penting, ketika ditanam dalam wadah, sekitar setengah dari telur yang telah dibuahi tidak dapat bertahan hidup setelah tahap awal perkembangannya. Hal ini menunjukkan bahwa, sama seperti pasien manusia, tikus ini juga mengalami masalah kesuburan.